Selasa, 09 Juni 2015

Help Users Recognize, Diagnose, and Recover From Errors - Mi.com

Help Users Recognize, Diagnose, and Recover From Errors berarti menjelaskan bagaimana pengguna tidak perlu mempertanyakan lagi mengenai perbedaan pemahaman pada sebuah kata dan kalimat, situasi dan aksi. Semua harus sudah mengikuti standar yang ada.

Poin yang dievaluasi dari Help Users Recognize, Diagnose, and Recover From Errors diantaranya:

1. Apakah teks pada petunjuk jelas dan tidak menimbulkan ambigu?
 
Pada saat pengguna membuka website pertama kali dan belum pernah melakukan daftar maupun masuk (login), pengguna cenderung akan melakukan kesalahan seperti yang saya alami. Saat saya ingin melakukan masuk namun saya mengarahkan kursor saya diatas tulisan daftar (karena saya anggap daftar dan masuk memiliki halaman yang sama karena hanya dipisahkan dengan simbol “/”) dan yang keluar adalah halaman daftar, lalu ketika saya back saya baru menyadari kalau saya harus mengarahkan kursor diatas tulisan masuk agar dapat masuk ke akun saya.

Gambar 1.1 Menu masuk/daftar yang ambigu

Rekomendasi perbaikannya adalah memisahkan menu daftar dan masuk sehingga tidak ambigu

Menurut Severe Rating oleh Nielsen (1995), saya memberikan rating yaitu 3




------------------------------------------------------------------------------------------------------------




2. Apabila kesalahan terdeteksi pada form input, apakah kursor otomatis dipindahkan atau diberikan highlight pada bagian yang salah?
 
Pada saat saya mencoba tidak mengisi nama pada form ganti info pribadi akan muncul pesan berwarna oranye berupa perintah untuk memasukkan nama saya. Secara spontan saya langsung mengetikkan nama saya pada keyboard namun nama saya tidak tercantum pada field nama tersebut sehingga saya harus mengetik ulang nama saya karena ketika terdeteksi bahwa terjadi kesalahan dalam melakukan input, kursor tidak otomatis pindah pada field nama sedangkan kebiasaannya adalah sebaliknya.
 
Gambar 1.2 Ubah Info Pribadi
 
 Rekomendasi perbaikannya adalah memindahkan kursor langsung ke field nama
Menurut Severe Rating oleh Nielsen (1995), saya memberikan rating yaitu 2
 
Catatan: severity rating yang digunakan, antara lain :
0  =  I don’t agree that this is a usability problem at all
1  =  Cosmetic problem only: need not be fixed unless extra time is available on project
2  =  Minor usability problem: fixing this should be given low priority
3  =  Major usability problem: important to fix, so should be given high priority
4  =  Usability catastrophe: imperative to fix this before product can be released



Tidak ada komentar:

Posting Komentar