Poin yang dievaluasi dari Help Users Recognize, Diagnose, and Recover From Errors diantaranya:
1. Apakah teks pada petunjuk jelas dan tidak menimbulkan ambigu?
Pada saat pengguna membuka website pertama kali dan belum
pernah melakukan daftar maupun masuk (login),
pengguna cenderung akan melakukan kesalahan seperti yang saya alami. Saat saya
ingin melakukan masuk namun saya mengarahkan kursor saya diatas tulisan daftar
(karena saya anggap daftar dan masuk memiliki halaman yang sama karena hanya
dipisahkan dengan simbol “/”) dan yang keluar adalah halaman daftar, lalu
ketika saya back saya baru menyadari
kalau saya harus mengarahkan kursor diatas tulisan masuk agar dapat masuk ke
akun saya.
Rekomendasi perbaikannya adalah memisahkan menu daftar dan masuk sehingga tidak ambigu
Menurut Severe Rating oleh Nielsen (1995), saya memberikan rating yaitu 3
Gambar 1.1 Menu masuk/daftar yang ambigu |
Rekomendasi perbaikannya adalah memisahkan menu daftar dan masuk sehingga tidak ambigu
Menurut Severe Rating oleh Nielsen (1995), saya memberikan rating yaitu 3
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
2. Apabila kesalahan terdeteksi pada form input, apakah kursor otomatis dipindahkan atau diberikan highlight pada bagian yang salah?
Pada saat saya mencoba tidak mengisi nama pada form ganti
info pribadi akan muncul pesan berwarna oranye berupa perintah untuk memasukkan
nama saya. Secara spontan saya langsung mengetikkan nama saya pada keyboard
namun nama saya tidak tercantum pada field
nama tersebut sehingga saya harus mengetik ulang nama saya karena ketika
terdeteksi bahwa terjadi kesalahan dalam melakukan input, kursor tidak otomatis
pindah pada field nama sedangkan kebiasaannya adalah sebaliknya.
Gambar 1.2 Ubah Info Pribadi |
Rekomendasi perbaikannya adalah memindahkan kursor langsung ke field nama
Menurut Severe Rating oleh Nielsen (1995), saya memberikan rating yaitu 2
Menurut Severe Rating oleh Nielsen (1995), saya memberikan rating yaitu 2
Catatan:
severity rating yang digunakan, antara lain :
0 = I don’t agree that this is a usability problem at all
1 = Cosmetic problem only: need not be fixed unless extra time is available on project
2 = Minor usability problem: fixing this should be given low priority
3 = Major usability problem: important to fix, so should be given high priority
4 = Usability catastrophe: imperative to fix this before product can be released
0 = I don’t agree that this is a usability problem at all
1 = Cosmetic problem only: need not be fixed unless extra time is available on project
2 = Minor usability problem: fixing this should be given low priority
3 = Major usability problem: important to fix, so should be given high priority
4 = Usability catastrophe: imperative to fix this before product can be released
Tidak ada komentar:
Posting Komentar