Poin yang dievaluasi dari User Control and Freedom diantaranya:
1. Jika sistem memiliki tingkatan menu/halaman, apakah memungkinkan untuk
pengguna dengan mudah untuk kembali ke menu/halaman sebelumnya?
Pada halaman website Mi Band
ditemukan ketidak nyamanan pengguna untuk kembali ke menu utama dengan cepat.
Salah satu penyebabnya adalah tidak disediakannya menu navigasi yang dapat
membawa pengguna melihat halaman utama, selain itu ketika pengguna menenkan
tombol back pada browser akan kembali ke menu yang sebelumnya telah dibuka sampai ke
menu awal pada halaman Mi Band dan akhirnya kembali ke halaman utama yang
terdapat menu navigasi Beranda.
Selain itu ketika pengguna
ingin melakukan perubahan setting
informasi personal dan sudah berada di halaman Akun Mi-Info Pribadi tidak ada
pilihan menu kembali ke menu utama (beranda) kecuali dengan menekan tombol back pada browser sehingga bisa kembali ke menu sebelumnya karena hanya
terdapat navigasi keluar yang berarti logout.
Gambar 1.1 Halaman back pertama |
Gambar 1.2 Halaman back kelima kali (terakhir) sebelum pindah kehalaman sebelumnya yang menampilakan menu beranda pada header halamannya |
Gambar 1.3 Kembali ke halaman beranda setelah melakukan back lima kali |
Gambar 1.4 Halaman setting informasi personal yang tidak memiliki menu navigasi untuk kembali ke halaman beranda |
Rekomendasi perbaikannya adalah menambahkan menu seperti yang ada pada halaman beranda agar memudahkan pengguna yang ingin menuju halaman lainnya.
Menurut Severe Rating oleh Nielsen (1995), saya memberikan rating yaitu 3
----------------------------------------------------------------------------------------------------------
2. Apakah pengguna dapat memilih tampilan halamannya sendiri?
(theme/persona)
Pengguna tidak dapat memilih
halamannya sendiri sesuai dengan persona pengguna. Pada halaman Akun Mi-Info
Pribadi tidak terdapat settingan untuk merubah tampilan halaman sendiri, hanya nama,
tanggal lahir, jenis kelamin, bank, dan lokasi.
Gambar 1.5 Tidak ada setting tampilan sendiri |
Rekomendasi
perbaikannya adalah menambahkan setting tampilan sendiri
Menurut Severe Rating oleh Nielsen (1995), saya memberikan rating yaitu 2
Catatan:
severity rating yang digunakan, antara lain :
0 = I don’t agree that this is a usability problem at all
1 = Cosmetic problem only: need not be fixed unless extra time is available on project
2 = Minor usability problem: fixing this should be given low priority
3 = Major usability problem: important to fix, so should be given high priority
4 = Usability catastrophe: imperative to fix this before product can be released
Tidak ada komentar:
Posting Komentar