Poin yang dievaluasi dari Visibility of System Status diantaranya:
1. Apakah ikon-ikon dan skema desain pada setiap halaman sudah konsisten?
Ikon-ikon yang terdapat pada
website tersebut sudah konsisten ukuran dan warnanya pada setiap halaman.
Sedangkan untuk desain pada setiap halaman belum konsisten. Ditemukan dua
halaman yang desainnya tidak konsisten yaitu halaman Redmi 2 dan halaman Mi
Band dibandingkan dengan desain halaman lainnya seperti Beranda, Mi 4i, Mi Pad,
Mi Power Bank, dan lainnya. Namun kedua halaman tersebut memilki konsistensi
desain yang sama yang seharusnya menurut saya disamakan dengan halaman Mi 4i,
Mi Pad, Mi Power Bank, dan lainnya.
Gambar 1.1 Halaman beranda dengan schema desain yang sama dengan halaman Mi 4i, Mi Pad, Mi Power Bank, dll |
Gambar 1.2 Halaman redmi 2 dengan schema desain berbeda dengan halaman beranda |
Gambar 1.3 Halaman Mi Band dengan schema desain berbeda dengan halaman beranda namun sama dengan halaman redmi 2 |
Rekomendasi perbaikannya adalah menyamakan schema desain halaman redmi 2 dan Mi Band dengan schema desain halaman beranda.
Menurut Severe Rating oleh Nielsen (1995), saya memberikan rating yaitu 2
------------------------------------------------------------------------------------------------------
2.
Apakah sistem sudah menyediakan visibilitas: dimana, dengan hanya melihat,
pengguna dapat mengetahui status sistem dan aksi alternatif yang bisa dipilih?
Pengguna kesulitan dalam
membedakan status sistem dan aksi alternatif yang bisa dipilih dalam menu
navigasi yang terdapat pada halaman Mi 4i dan Mi Pad. Secara sekilas pengguna tidak bisa
membedakan status menu yang halamannya sedang dibuka dan alternatif menu lain
yang dapat dipilih karena hanya dibedakan dengan warna yang menurut saya
pemilihan warnanya membuat rancu. Namun jika diperhatikan dengan seksama status
halaman yang sedang aktif diwarnai dengan abu-abu dan menu alternatif diwarnai
hitam.
Gambar 2.1 Menu pada halaman Mi 4i |
Rekomendasi perbaikannya adalah pengubah pilihan warnanya menjadi oranye seperti yang terdapat pada halaman aksesoris sehingga jelas menu yang halamannya aktif dan menu alternatif lainnya.
Gambar 2.2 Menu pada halaman aksesoris |
Catatan:
severity rating yang digunakan, antara lain :
0 = I don’t agree that this is a usability problem at all
1 = Cosmetic problem only: need not be fixed unless extra time is available on project
2 = Minor usability problem: fixing this should be given low priority
3 = Major usability problem: important to fix, so should be given high priority
4 = Usability catastrophe: imperative to fix this before product can be released
0 = I don’t agree that this is a usability problem at all
1 = Cosmetic problem only: need not be fixed unless extra time is available on project
2 = Minor usability problem: fixing this should be given low priority
3 = Major usability problem: important to fix, so should be given high priority
4 = Usability catastrophe: imperative to fix this before product can be released
Tidak ada komentar:
Posting Komentar