Selasa, 09 Juni 2015

Heuristic Evaluation

Heuristic Evaluation merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk melakukan review pada sebuah website atau aplikasi untuk menguji keberhasilan sebuah antarmuka website maupun aplikasi tersebut. Cara ini bukanlah cara yang terbaik, namun cara ini adalah yang paling popular dilakukan oleh evaluator yang berkompeten di bidang pengembangan antarmuka untuk menilai antarmuka yang telah dibuat. Metode ini dikembangkan oleh Nielsen dan Molich pada tahun 1990. 

Heuristic Evaluation membantu pengembang untuk mengetahui sejauh mana antarmuka yang telah dibuat. Sudahkan cukup baik digunakan oleh pengguna yang memiliki berbagai macam latar belakang? Sehingga memudahkan pengembang website atau aplikasi untuk memperbaiki antarmuka tersebut.


Terdapat sepuluh komponen yang dijadikan evaluasi, yaitu:
1)   Visibility of system status 
2)   Match between system and the real world 
3)   User control and freedom 
4)   Consistency and standards 
5)   Error prevention 
6)   Recognition rather than recall 
7)   Flexibility and efficiency of use 
8)   Aesthetic and minimalist design 
9)   Help users recognize, diagnose, and recover from errors
10) Help and documentation

Saya akan mencoba mengevaluasi website mi.com. Dari sepuluh komponen yang dijadikan evaluasi saya akan  menganalisis lima komponen untuk dijadikan evaluasi pad website tersebut.




Berikut adalah link hasil evaluasi saya terhadap website mi.com
Visibility of system status - mi.com 
User control and freedom - mi.com 
Consistency and standards - mi.com
Help users recognize diagnose and recover from error - Mi.com
Recognition rather than recall - mi.com

Berikut adalah nilai severity rating yang digunakan, antara lain :
0  =  I don’t agree that this is a usability problem at all
1  =  Cosmetic problem only: need not be fixed unless extra time is available on project
2  =  Minor usability problem: fixing this should be given low priority
3  =  Major usability problem: important to fix, so should be given high priority
4  =  Usability catastrophe: imperative to fix this before product can be released


Berikut adalah blog yang sudah saya komentari:
Blog Alfandio Grasheldi  
Blog Ifan  
Blog Hendra

Referensi :
Nielsen J. 1995a. 10 Usability Heuristics for User Interface Design.

Nielsen J. 1995b. Severity Ratings for Usability Problems

Heuristic evaluation:
http://ocw.mit.edu/courses/electrical-engineering-and-computer-science/6-831-user-interface-design-and-implementation-spring-2011/lecture-notes/MIT6_831S11_lec23.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar